Senin, 21 Juli 2014

Muhasabah Cinta

Aku tak memilih yang sempurna...
Yang kupilih adalah yang mau memperbaiki bersama...

Masih ingat syair ini? :

Mari menyusun seroja bunga seroja
Riasan sanggul remaja putri remaja

(Pada umumnya kita udah tau tuh bunga seroja itu bunga teratai/lotus,, sekarang coba bayangkan betapa susahnya menyusun bunga yg notabene nya ada di air itu... sebelum menyusun kita tentunya harus memetiknya dulu, di kolam atau di rawa-rawa.... menceburkan diri ataupun memekai alat bantu akan sama-sama susah... ini artinya untuk mendapatkan kesuksesan bukanlah suatu hal yang mudah tetapi harus dengan kerja keras..
Rasulullah menunjukkan apresiasinya yang sangat tinggi pada kerja keras ini dalam berbagai kesempatan. Beliau pernah mengatakan, sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Thabrani : Seandainya seseorang mencari kayu bakar dan dipikul di atas punggungnya, hal itu lebih baik daripada ia meminta-memita kepada seseorang yang kadang diberi dan kadang ditolak.
Dan katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan" (At-Taubah : 105).

Rupa yang elok dimanja jangan dimanja
 Pujalah ia oh saja sekedar saja...

Sesuatu yang berlebihan bukanlah suatu hal yang baik...mau itu berlebihan dalam memanjakan diri... ataupun dalam memuja yang hanya bersifat fisik...Bait di atas juga bisa dikaitkan dengan pemujaan fisik, padahal ada hadits yang menyebutkan bahwa : Perempuan dinikahi karena empat faktor. Karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka menangkanlah wanita yang mempunyai agama, engkau akan beruntung.hadis ini juga bukan hanya berlaku untuk perempuan tapi juga untuk kaum laki-laki.

"Mengapa kau bermenung oh adik berhati bingung 2x"

(termenung = menyia-nyiakan waktu... dalam surat Al-'Ashr 1-3 Allah berfirman:Artinya:
"Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam keadaan merugi (celaka), kecuali orang-orang yang beriman, beramal shalih, saling menasehati dalam kebenaran, dan saling menasehati dalam kesabaran." (Al 'Ashr: 1-3)
Dan ada nasihat ulama :
"Menyia-nyiakan waktu itu lebih berbahaya daripada kematian, karena menyia-nyiakan waktu itu memutuskanmu dari ALLAH Ta'ala dan Hari Akhirat, sedangkan kematian hanya memutuskanmu dari dunia dan isinya."[Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah]

Janganlah engkau percaya dengan asmara 2x"

Asmara disini maksudnya L.O.V.E (cinta),,
Kata pujangga cinta letaknya di hati. Meskipun tersembunyi, namun getarannya tampak sekali. Ia mampu mempengaruhi pikiran sekaligus mengendalikan tindakan.
Sungguh, Cinta dapat mengubah pahit menjadi manis, debu beralih emas, keruh menjadi bening, sakit menjadi sembuh, penjara menjadi telaga, derita menjadi nikmat, dan kemarahan menjadi rahmat. Cintalah yang mampu melunakkan besi, menghancurkan batu karang, membangkitkan yang mati dan meniupkan kehidupan padanya serta membuat budak menjadi pemimpin. Inilah dasyatnya cinta (Jalaluddin Rumi).
Namun hati-hati juga dengan cinta, karena cinta juga dapat membuat orang sehat menjadi sakit, orang gemuk menjadi kurus, orang normal menjadi gila, orang kaya menjadi miskin, raja menjadi budak, jika cintanya itu disambut oleh para pecinta palsu. Cinta yang tidak dilandasi kepada Allah. Itulah para pecinta dunia, harta dan wanita. Dia lupa akan cinta Allah, cinta yang begitu agung, cinta yang murni.
Tak jarang orang mengaku mencintai Allah, dan sering orang mengatakan mencitai Rasulullah, tapi bagaimana mungkin semua itu diterima Allah tanpa ada bukti yang diberikan, sebagaimana seorang arjuna yang mengembara, menyebarangi lautan yang luas, dan mendaki puncak gunung yang tinggi demi mendapatkan cinta seorang wanita. Bagaimana mungkin menggapai cinta Allah, tapi dalam pikirannya selalu dibayang-bayangi oleh wanita/pria yang dicintai. Tak mungkin dalam satu hati dipenuhi oleh dua cinta. Salah satunya pasti menolak, kecuali cinta yang dilandasi oleh cinta pada-Nya.

Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone











0 komentar:

Posting Komentar